D3 Manajemen Informatika

Jika kamu ingin bahagia selamanya bantulah orang lain.

Membuat aplikasi pembayaran Toko Dhavimart

Pada kesempatan kali ini saya telah membuat aplikasi sederhana "Pembayaran Toko Dhavimart". Dalam pembuatannya saya menggunakan NetbeansIDE 8.2. Tools  yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi ini adalah sebagai berikut :

  1. Membuat 6 buah label, dengan nama Toko dhavimart, Harga barang, Jumlah barang, Uang yang dibayar, Total belanja dan Uang kembalian.
  2. Langkah selanjutnya 5 buah textfield.
  3. Terakhir buat 3 buah button dengan nama, Hitung, Ulang, Keluar.
Ini tampilan design yang sudah saya buat.

















Langkah selanjutnya kita tulis program pada ketiga button, agar aplikasi yang saya buat bisa berjalan.

Pertama kita tulis kodingan pada button hitung seperti gambar dibawah ini :



Jika sudah, koding button selanjutnya yaitu button ulang. seperti gambar dibawah ini :










Terakhir koding button keluar, seperti gambar dibawah ini :




Jika sudah selesai jalankan/ running program dengan cara klik Run file atau klik Shif+F6.
Dan ini tampilan output aplikasinya, terlihat aplikasinya berjalan sesuai ekspektasi. Jadi disni harga barang yang ingin saya beli sebesar 3.000 dan saya ingin membeli 7 barang, uang yang saya miliki yaitu 50000, jadi total belanja saya adalah 21000 dan kembaliannya 29000.




Dan ini tampilan saat saya klik ulang, sedangkan tombol keluar jika di klik akan kembali ke tampilan design.




Gimana gampang kan gaes ? maaf ya projectnya masih sederhana banget, baru belajar soalnya. Semoga kedepannya nanti saya bisa membuat project-project yang lebih hebat lagi, karena ini adalah project awal saya. Doakan saja ya😁
















0 komentar:

Posting Komentar

Baca juga :

Penulisan makalah yang benar

Format penulisan makalah yang benar Makalah yang bagus haruslah sesuai aturan yang sudah ditentukan. Aturan yang berlaku dalam karya t...