D3 Manajemen Informatika

Jika kamu ingin bahagia selamanya bantulah orang lain.

Membuat aplikasi Biodata Diri

Hallo semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan menshare aplikasi yang sudah saya buat yaitu aplikasi Biodata Diri. SayaT membuat aplikasi ini sama seperti aplikasi sebelumnya, yaitu menggunakan NetbeansIDE 8.2. Langsung aja yuk ke pembuatanya.

Langkah pertama untuk membuat aplikasi biodata diri adalah siapkan tools yang dibutuhkan. Toolsnya yaitu :

  1. Buatlah 4 buah label. Untuk nama, alamat dan agama.
  2. Jika sudah, buat 5 buah textfield.
  3. Lalu kita butuh 1 buah combo box, untuk memilih agama dari orang tesrsebut.
  4. Terakhir buat 2 buah button dengan nama tampilkan dan keluar. Pada button inilah kita akan menuliskan program agar aplikasi yang kita buat bisa berjalan sesuai ekspektasi
Jika sudah atur tata letaknya menjadi seperti ini :




















Jika sudah selesai mengatur tata letak, klik button tampilkan, setelah itu tulis source program seperti dibawah ini :










Jika sudah selesai, ketampilan design, lalu klik button keluar, dan tulis source seperti gambar dibawah ini :








Jika sudah, maka langkah selanjutnya jalankan program dengan cara klik Run file atau Shift+F6. setelah tampilan output muncul, saya mengisi nama Sawram dhavi, lalu alamat Jl. aja dulu, jakarta pusat, pada combo box saya memilih agama islam. Setalah saya klik tampilkan maka akan muncul output data yang sudah saya isi tadi. Dan ketika saya klik button keluar, maka akan kembali ketampilan design lagi.

























Aplikasinya masih sederhana ya gaes, tapi gapapa yang penting terus mengasah diri, nanti lama kelamaan pasti bisa pro yakan ?? hhehehe, oke gaes sekian duluya. Makasih looh udah baca artikel ini, daaahh ✋😀

0 komentar:

Posting Komentar

Baca juga :

Penulisan makalah yang benar

Format penulisan makalah yang benar Makalah yang bagus haruslah sesuai aturan yang sudah ditentukan. Aturan yang berlaku dalam karya t...