D3 Manajemen Informatika

Jika kamu ingin bahagia selamanya bantulah orang lain.

Penulisan makalah yang benar

Format penulisan makalah yang benar


Makalah yang bagus haruslah sesuai aturan yang sudah ditentukan. Aturan yang berlaku dalam karya tulis ilmiah adalah seperti mengatur ukuran margin, ukuran kertasnya, ukuran font, spasi, tulisan rata kiri – kanan, dll. Masih banyak diantara kita yang bingung bagaimana cara membuat makalah yang benar. Untuk itu saya akan memberikan thread tentang cara mengatur ukuran margin, kertas, font makalah dengan benar di Microsoft word. Dalam membuat makalah ada beberapa struktur yang perlu untuk di[erhatikan sebelum membuat makalah.
Struktur dasar sebuah makalah :
1. Cover ( halaman judul )
2. Kata pengantar
3. Daftar isi
4. Bab 1 : Pendahuluan
5. Bab 2 : Isi
6. Bab 3 : Penutup
7. Daftar pustaka
Itulah struktur dalam sebuah makalah. Sekarang lanjut ke cara mengatur margin kertas yang digunakan, ukuran font, serta spasi.
1. Mengatur Margin
Aturanya margin atas 3cm, kiri 4cm, bawah 3cm, dan kanan 3cm
Caranya klik layout pada ms.word, lalu pilih margin dan lalu pilih custom margin lalu ubah ukuranya seperti pada gambar dibawah ini.

2. Mengatur ukuran kertas
Kertas yang digunakan adalah kertas A4. Cara mengubahnya klik layout pada ms.word lalu pilih size dan pilih kertas A4 seperti gambar dibawah ini.

3. Mengatur font
Tipe tulisan yang digunakan disini adalah Times new roman babnya ukuran 14, untuk sub bab tinggal di bold saja. Perhatikan gambar dibawah ini.


4. Mengatur spasi

Spasi yang digunakan adalah 1,5 caranya klik home pada ms.wprd lihat bagian paragraph klik line spacing lalu klik 1,5. Perhatikan gambar dibawah ini.

5. Mengatur tulisan rata kiri – kanan
Agar terlihat rapih perlu juga mengatur tulisan rata samping kiri dan kanan dengan cara klik justify yang berada disamping kiri line spacing. Perhatikan gambar di bawah ini.

Itulah cara penulisan makalah yang baik dan benar dari saya, terima kasih.


1 komentar:

Baca juga :

Penulisan makalah yang benar

Format penulisan makalah yang benar Makalah yang bagus haruslah sesuai aturan yang sudah ditentukan. Aturan yang berlaku dalam karya t...